Informasi Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Siapa yang tak kenal dengan penyakit mengerikan ini, diabetes adalah ibu dari segala penyakit. Penyakit ini dapat dengan mudah membunuh penderitanya apabila peningkatan kadar gula darah yang tak terkontrol. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang memang seharusnya dihindari atau takaran makanan yang berlebihan. Biasanya penderita diabetes ini diberikan terapi melalui pola makan yang teratur atau biasa disebut terapi nutirisi medis. Maksud dari terapi ini adalah untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori untuk mengkontrol kadar gula.


Beberapa contoh pilihan makanan berikut ini bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes, diantaranya adalah :
  • Sayurmayur yang telah diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang ataupun dikonsumsi secara mentah dan diantara sayuran yang paling bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah brokoli dan sayur bayam.
  • Buah-buahan atau jus alami yang tidak ditambahkan gula atau pemanis lainnya.
  • Biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oat, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak utuh untuk sup dan ditumis.
  • Daging tanpa lemak yang proses pemaskannya di kukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.
  • Olahan susus rendah lemak dan telur.
  • Ikan tuna, salmon, sarden ataupun makarel, akan tetapi hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan tongkol.
Itulah beberapa informasi makanan sehat untuk penderita diabetes dan sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes mengkonsumsi makanan olahan/buatan sendiri. Dengan begitu makanan yang akan dikonsumsi bisa terkontrol dan terpantau. Pastikan selalu untuk para penderita diabetes rutin kontrol dan cek kadar gula darah.

Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat dan membantu bagi para penderita diabetes, serta penderita sembuh dari penyakitnya. Amiin.