Bumbu Ini Yang Digunakan Untuk Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Menjadi Juara

Suka deh dengan makanan khas cirebon satu ini, selain tahunya yang crispy ditambah saus cabainya yang khas bikin lumer di mulut. Bagi yang suka juga sama makanan satu ini, gimana kalo kita belajar buatt sendiri tanpa harus pergi ke cirebon cari-cari tahu gejrot. Cara yang saya kasih lebih praktis dan gx repot, kalo rasa gx jauh beda lah, Dibikin enak aja disesuaikan dengan rasa yang kita sukka, pasti akan lebih menyenangkan dan luar biasa. Karena kalo kita bikin sendiri itu, higenis, rasa bisa disesuaikan, terus menambah ilmu masak kita juga kan. Yuk kita mulai simak, gimna caranya membuat tahu gejrot khas cirebon ini.
Tahu Gejrot Khas Cirebon
Bahan yang harus disediakan :
  1. 8 buah tahu sumedang atau tahu cina, pilih tahunya jangan yang asam yah.
  2. 250 ml air.
  3. 50 gr gula merah, kalo bisa pake gula batok yang suka ada di kampung-kampung biar rasanya khas.
  4. 3 sihung bawang putih.
  5. 3 sihung bawang merah 
  6. 2 cabe rawit
  7. 10 atau 13 cengek
  8. Garam secukupnya (sesuaikan dengan rasa yang disuka).
  9. 1 sdm air asam jawa.
  10. 1 sdt gula pasir.
  11. 1 sdm kecap manis
  12. Minyak goreng
Cara membuatnya :
  1. Rebus gula merah, 2 sihung bawang putih yang sudah dihaluskan, beri garam,  gula pasir, air asam jawa, kecap manis. Sesekali diaduk sampai mendidih sekitar 5 meit dengan menggunakan api kecil.
  2. Buat sambal, bawang merah, 1 sihung bawang putih, cabe rawit, cengek, garam secukupnya, ulek kasar sambal.
  3. Kemudian tahu digoreng, setelah matang tiriskan dan potong-potong sedang.
  4. Lumuri tahu dengan sambal, kemudian siram menggunkan kuah. Sajikan.
Gimana, cara bikinnya gx susah kan.. cuman gitu-gitu aja. Pastinya seneng dong bikin tahu gejrotnya bikinan sendiri, apalagi yang nyoba suka dan puas sama masakan yang kita bikin, seneng deh. Tapi kalo udah jago masaknya jangan lupa untuk dibagi-bagi yah resep makanan nya biar menjadi berkah dan pahala juga. hehe.. Kalo gitu saya pamit yah untuk edisi Tahu Gejrot Khas Cirebonnya, itu saja informasi yang bisa saya sampaikan, mohon maaf nih kalo ada salah kata atau informasi yang blm lengkap. Saran dan kritiknya ditunggu biar jadi bahan untuk meningkatnya penulisan dan informasi yang diberikan. Terimakasih yah telah berkunjung di Blog Aneka Resep Makanan, nantikan lagi info resep lainnya. Sampai jumpa dan salam sejahtera.